Senin, 02 Juni 2014

Skripsi Sarana Dan Prasarana Berbasis Web Universitas cokroaminoto Palopo

Oleh: Irawan.S Assagaf

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.  Latar Belakang
Sehubungan dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, di saat ini kebutuhan sarana dan prasarana yang ada pada Universitas Cokroaminoto Palopo bagi mahasiswa sangatlah penting sebagai tempat untuk menimba ilmu dan memperluas wawasan serta menggunakan atau meminjam sarana-prasarana tersebut. Saat ini yang menjadi kendala adalah bagaimana memperoleh informasi sarana ataupun menggunakan sarana-prasarana tersebut masih sulit sehingga dapat menjadi hambatan dalam mengadakan suatu kegiatan ataupun proses perkuliahan. Untuk memperoleh informasi sarana-prasarana masih menggunakan cara konvensional yaitu dengan mendatangi pengelola sarana tersebut secara tatap muka untuk memperoleh informasi.
Latar belakang tersebut yang memberikan inspirasi penulis membuat solusi untuk mempermudah mahasiswa dan dosen memperoleh informasi mengenai sarana dan prasarana yang ada di kampus Universitas Cokroaminoto Palopo ini. Untuk itu penulis mengambil judul “Sistem Informasi Sarana dan Prasarana Berbasis Web Universitas Cokroaminoto Palopo. Maka dengan adanya sistem ini hal tersebut dapat teratasi, karena informasi yang tergabung dengan sistem ini dapat langsung dilihat melalui sistem tersebut. Dan juga dengan adanya sistem ini dapat membantu pengelolah kampus dalam mempromosikan sarana dan prasarana yang ada di kampus Universitas Cokroaminoto Palopo melalui media internet. Yang tujuannya agar bisa maksimal dalam tindakan promosi. Sistem ini dikembangkan untuk mempermudah mahasiswa dalam mencari informasi serta peminjaman sarana-parasarana di Universitas Cokroaminoto Palopo. Dengan begitu mahasiswa yang belum tahu tentang sarana dan prasarana yang ada di kampus Universitas Cokroaminoto Palopo, dapat mengakses sistem ini menggunakan media apa saja yang bisa terhubung dengan internet.



1.2.  Rumusan Masalah
Sesuai dengan permasalahan pada latar belakang, maka dirumuskan suatu permasalahan, yaitu: “bagaimana merancang dan membangun sistem informasi sarana dan prasarana berbasis web Universitas Cokroaminoto Palopo”.

1.3.  Batasan Masalah
Batasan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut.
1.    Sistem ini merupakan layanan yang berisi informasi mengenai informasi-informasi sarana-prasarana yang ada pada Universitas Cokroaminoto Palopo. Informasi pada sistem ini adalah fasilitas-fasilitas apa saja yang ada pada Universitas Cokroaminoto Palopo.
2.    Tata cara dan prosedur meminjam atau menggunakan sarana dan prasarana tersebut.

1.4.  Tujuan Penelitian
Tujuan dari dibuatnya sistem informasi ini adalah sebagai berikut.
Mengembangkan sistem yang dapat membantu warga Universitas Cokroaminoto Palopo dan masyarakat luar Universitas Cokroaminoto Palopo untuk memperoleh informasi sarana-prasarana dengan mudah.

1.5.  Manfaat Penelitian
Adapun Manfaat Penelitian ini adalah sebagai berikut.
1.    Bagi Penulis
Penelitian ini bermanfaat bagi penulis dalam menganalisa masalah, merancang, dan mendesain web, serta pembuatan web yang berhubungan dengan sarana dan prasarana Universitas Cokroaminoto Palopo.
2.    Bagi Akademik
a.    Mempermudah mengakses atau menggunakan sarana-prasarana oleh warga Universitas Cokroaminoto Palopo.
b.    Mengetahui prosedur menggunakan sarana-prasarana yang ada di Universitas Cokroaminoto Palopo.


1.6.  Sistematika Penulisan
Dalam penyusunan skripsi ini penulis merangkum dan memberikan garis besar mengenai hasil-hasil penelitian dan pokok pembahasan yang tersusun secara sistematis. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan bagi pembaca dalam memperoleh gambaran. Dalam skripsi ini, penulis membagi dalam 5 bab dan dibagi lagi ke dalam sub-sub, sehingga tersusun dengan baik dan terarah. Adapun uraian dari masing-masing bab adalah sebagai berikut:
BAB I   PENDAHULUAN
Membahas tentang latar belakang atau pokok masalah, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian dan sistematika penulisan.
BAB II  TINJAUAN PUSTAKA
            Membahas tentang dasar-dasar teori yang digunakan dalam penelitian, seperti kerangka pikir, konsep dasar sistem, defenisi informasi, defenisi sistem informasi, tahap-tahap perancangan sistem, basis data dan metode pengujian.
BAB III             ANALISA DAN PERANCANGAN
            Membahas tentang mengenai analisa sistem perangkat lunak, yaitu analisa sistem yang berjalan, analisa sistem yang diusulkan, desain model, kamus data, relasi antar tabel, rancangan input dan output.
BAB IV             IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN
            Pada bab ini akan dibahas mengenai lingkungan implementasi perancangan sistem, dan hasil pengujian sistem.
BAB V  PENUTUP
Pada bab ini berisi kesimpulan dari semua uraian-uraian pada bab-bab  sebelumnya dan saran yang diharapkan berguna dalam penerapan sistem informasi ini.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

Membangun Media Pembelajaran dengan Macromedia Flash

              Selama ini kita mengenal Microsoft PowerPoint sebagai aplikasi atau software yang paling sering di gunakan untuk membuat sebuah presentasi atau media pembelajaran, dengan Macromedia Flash kita dapat juga dapat membuat sebuah presentasi atau media pembelajaran yang lebih menarik karena dapat disisipi dengan permainan animasi dan tombol – tombol interaktif sesuai dengan keinginan kita,
materi ini kita akan membahas bagaimana cara membuat sebuah media pembelajaran yang sederhana namun profesional, dan akan di bahas juga tentang ActionScript ( Bahasa Pemograman Yang ada dalam Macromedia Flash)

ActionScript
ActionScript adalah bahasa pemograman yang ada di Flash, jadi selain bisa  menggambar dan membuat animasi Flash juga mempunyai kemampuan untuk pemograman dengan ActionScript nya, Fungsi dasar dari ActionScript adalah untuk membuat Navigasi movie Flash, yang di maksud dari navigasi adalah bagaimana mengatur user untuk masuk kebagian bagian movie tertentu misalnya Frame atau Scene tertentu. Navigasi ini erat kaitannya dengan system menu dan struktur konten suatu movie Flash.

Langkah – Langkah Membuat Media Pembelajaran
  1. Setelah Lembar kerja Macromedia Flash kita sudah siap, kemudian susun struktur Layer yang kita butuhkan dalam membuat media pembelajaran, misal kita membuat media pembelajaran dengan objek berupa Background, Tombol, Movie Clip, Isi, Action.untuk lebih jelasnya lihat gambar 2.2 Susunan Layer berikut


  1. Buat / masukan objek pada masing – masing layer yang sudah anda siapkan
    1. Objek Background Masukan objek gambar yang akan anda jadikan background dengan cara mengimport gambar ke dalam layer BACKGROUND frame 1 ( Sebaiknya untuk Background design pake aplikasi grafis yang lain, misal Corel Draw , adobe dll ), atau bisa anda design dengan Macromedia Flash. Kemudian lengkapi background tersebut dengan tulisan yang menarik atu tulisan yang menjelaskan judul media pembelajaran anda, Lihat gambar 2. 0 berikut
    2. Objek Tombol Gunakan Fasilitas dari Flash untuk membuat tombol yaitu dengan panel common libraries, Klik Windows >> Common Libraries >> Button, masukan 5 buah tombol ke dalam Layer TOMBOL frame 1 sebagai tombol untuk menampilkan materi dari media pembelajaran yang kita buat.
    1. Objek Isi , Dalam Layer ISI 
-          Frame 10, Tuliskan / Masukan Materi Sejarah Komputer
-          Frame 20, Tuliskan / Masukan Defenisi dari Komputer
-          Frame 30, Tuliskan / Masukan Materi Perangkat Komputer
-          Frame 40, Tuliskan / Masukan Materi Sistem Operasi Komputer
-          Frame 50, Tuliskan / Masukan Nama Anda
    1. Objek Movie, Buat Movie Clip untuk Mempercantik media pembelajaran anda ( ikuti penjelasan Instruktur )
    2. Objek Action, Masukan perintah Action Script untuk mengontrol perintah  media pembelajaran anda ( penjelasan Instruktur )
Gambar akhir Susunan layer & frame Media Pembelajaran anda yang sudah di lengkapi dengan ActionScript, Lihat Gambar 2.3 Susunan layer & frame Media Pembelajaran berikut



 Contoh Media Pembelajaran, Lihat Gambar 2.4 Tampilan Media Pembelajaran berikut: