Senin, 19 Mei 2014

Presentation Layer (Lapisan Presentasi)



Presentation Layer
(Lapisan Presentasi)


Lapisan presentasi (presentation layer) adalah lapisan keenam dari bawah dalam model referensi jaringan terbuka OSI. Pada lapisan ini terjadi pembuatan struktur data yang didapatnya dari lapisan aplikasi ke sebuah format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan. Lapisan ini juga bertanggung jawab untuk melakukan enkripsi data, kompresi data, konversi setkarakter  (ASCII, Unicode, EBCDIC, atau set karakter lainnya), interpretasi perintah-perintah grafis, dan beberapa lainnya. Dalam arsitektur TCP/IP yang menggunakan model DARPA, tidak terdapat protokol lapisan ini secara khusus.

Satu contoh layanan pressentation adalah encoding data. Kebanyakan pengguna tidak memindahkan string bit biner yang random. Para pengguna saling bertukar data sperti nama orang, tanggal, jumlah uang, dan tagihan. Item-item tersebut dinyatakan dalam bentuk string karakter, bilangan interger, bilangan floating point, struktur data yang dibentuk dari beberapa item yang lebih sederhana. Terdapat perbedaan antara satu komputer dengan komputer lainnya dalam memberi kode untuk menyatakan string karakter (misalnya, ASCII dan Unicode), integer (misalnya komplemen satu dan komplemen dua), dan sebagainya. Untuk memungkinkan dua buah komputer yang memiliki presentation yang berbeda untuk dapat berkomunikasi, struktur data yang akan dipertukarkan dapat dinyatakan dengan cara abstrak, sesuai dengan encoding standard yang akan digunakan “pada saluran”. Presentation layer mengatur data-struktur abstrak ini dan mengkonversi dari representation yang digunakan pada sebuah komputer menjadi representation standard jaringan, dan sebaliknya.

Lapisan Presentasi (Presentation Layer) Lapisan presentasi digunakan untuk menyeleksi syntax data yang berada dalam jaringan. Lapisan presentasi juga memiliki standar encoding yang digunakan dalam pemrosesan aplikasi data. Salah satu contoh layanan presentasi adalah encoding data.

Presentasi Layer adalah lapisan terendah dimana programmer aplikasi mempertimbangkan struktur data dan penyajian, bukan hanya mengirim data dalam bentuk datagram atau paket antara host. Lapisan ini berkaitan dengan isu-isu representasi string - apakah mereka menggunakan metode

Pascal (sebuah integer panjang lapangan diikuti oleh jumlah tertentu byte) atau C / C + + metode (null-string diakhiri, yaitu "thisisastring \ 0"). Idenya adalah bahwa lapisan aplikasi harus dapat titik pada data yang akan dipindahkan, dan Layer Presentasi akan menangani sisanya. 

Serialisasi dari struktur data yang kompleks ke dalam flat byte-string (seperti mekanisme menggunakan TLV atau XML) dapat dianggap sebagai fungsi kunci dari Layer Presentasi. 
Enkripsi biasanya dilakukan pada tingkat ini juga, meskipun dapat dilakukan pada Aplikasi, Sesi, Transport, atau Jaringan Lapisan; masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Contoh lain adalah merupakan struktur, yang biasanya standar pada tingkat ini, sering kali dengan menggunakan XML. Serta potongan data sederhana, seperti string, hal-hal lebih rumit dibakukan dalam lapisan ini. Dua contoh umum adalah 'objek' dalam pemrograman berorientasi obyek, dan cara yang tepat yang streaming video ditransmisikan. 

Fungsi dari Presentation Layer yaitu :

Berfungsi untuk Mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi kedalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan. Protokol yang berada dalam level ini adalah perangkat lunak redirector (redirector software), seperti layananWorkstation (dalam Windows NT) dan juga Networkshell (semacam Virtual Network Computing (VNC) atau Remote Desktop Protocol (RDP)). Proses (menjalankan program) pada dua sistem biasanya saling bertukar informasi dalam bentuk karakter string, angka, dan sebagainnya. Informasi harus diubah menjadi bit stream sebelum dikirim. Karena komputer yang berbeda menggunakan sistem pengkodean yang berbeda, lapisan presentasi bertanggung jawab untuk introperabilitas antara metode-metode pengkodean yang berbeda. Lapisan presentasi mengirim perubah informasi dari tergantung format pengirim ke dalam format yang umum. Lapisan presentasi pada mesin penerima dirubah dalam format umum yang tergantung format receiver.

Berfungsi untuk Kompresi, Kompresi Data mengurangi jumlah bit yang terkandung dalam informasi. Kompresi data menjadi sangat penting dalam transmisi multimedia seperti teks, audio, dan video.



Berfungsi untuk Enkripsi, membawa informasi yang sensitif, sistem harus dapat menjamin privasi. Enkripsi yang berarti bahwa pengirim mengubah informasi asli ke bentuk lain dan mengirim pesan keluar yang dihasilkan melalui jaringan. Deskripsi membalikan proses untuk mengubah pesan asli kembali ke bentuk aslinya.

Tugas-tugas seperti kompresi, dekompresi, enkripsi dan dekripsi data berhubungan pada Presentation Layer. Standar yang digunakan untuk mengatur presentasi grafis, film dan suara adalah sebagai berikut :

1. PICT
2. TIFF
3. JPEG
4. MIDI
5. MPEG
6. QICK TIME
7. RTF

Dalam layanan layering semantik arsitektur jaringan OSI, Layer Presentasi menanggapi permintaan dari layanan Layer Aplikasi dan permintaan.

Layanan

Enkripsi
Kompresi

Presentation Layer terdiri dari dua sublayers : 

            KASUS (Aplikasi Elemen Layanan common) 

Perangko balasan (Aplikasi Layanan Elemen Tertentu) Perangko balasan

KASUS

Sublayer KASUS menyediakan jasa untuk Layer Aplikasi dan permintaan layanan dari Session Layer. Ini menyediakan dukungan untuk aplikasi layanan umum, seperti :
ACSE (Asosiasi Elemen Control Service)
ROSE (Operasi Elemen Service Remote)
CCR (Concurrency Komitmen dan Pemulihan)
RTSE (Transfer Elemen Layanan Handal).

Sublayer perangko balasan menyediakan layanan aplikasi spesifik (protokol), seperti :

FTAM (File Transfer, Akses dan Manager)
VT (Virtual Terminal)
MOTIS (Pesan Teks Berorientasi Standar Interchange)  
CMIP (Management Protocol Informasi common)
JTM (Ayub Transfer dan Manipulasi) standar OSI mantan
MMS (Layanan Manufaktur Pesan)
RDA (Access Database Remote)
DTP (Pemrosesan Transaksi Terdistribusi), Tel Bersih (sebuah protokol akses remote terminal).

Protokol 

AFP (Apple Filing Protocol), ASCII (American Standard Kode untuk Informasi Interchange), EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchange Code), ICA (Independen Komputasi Arsitektur, sistem Citrix

protokol inti), LPP (Protokol Presentasi Ringan), NCP (NetWare Core Protokol), NDR (Jaringan Data Representasi), XDR (data eksternal Representasi), X.25 PAD (Packet Assembler / disassembler Protokol). 

Konversi Data adalah mengadaptasi data pada sebuah program agar dapat di operasikan karna tidak semua format data sesuai dengan sebuah program tertentu. Adapun dalam konversi data pertama-tama dalam suatu perhitungan DATA TRANSFER, perhitungan bits atau byte adalah sebagai berikut :

* 1 MB = 1,000,000 bits
* 1 kb = 1,000 bits* dsb

Sedangkan dalam perhitungan DATA STORAGE maka perhitungannya adalah sebagai berikut :

* 1 byte = 8 bits
* 1 kilobyte (K / Kb) = 2^10 bytes = 1,024 bytes
* 1 megabyte (M / MB) = 2^20 bytes = 1,048,576 bytes
* 1 gigabyte (G / GB) = 2^30 bytes = 1,073,741,824 bytes
* 1 terabyte (T / TB) = 2^40 bytes = 1,099,511,627,776 bytes
* 1 petabyte (P / PB) = 2^50 bytes = 1,125,899,906,842,624 bytes
* 1 exabyte (E / EB) = 2^60 bytes = 1,152,921,504,606,846,976 bytes.

Representasi Data

Sistem pengkodean yang banyak di gunakan untuk mempresentasikan data.

        ¾       ASCII—American Standard Code for Information Interchange
        ¾       EBCDIC—Extended Binary Coded Decimal Interchange Code



ASCII
Symbol
EBCDIC
00110000
0
11110000
00110001
1
11110001
00110010
2
11110010
00110011
3
11110011




 grafis menggunakan kompresi QuickTime skema, seperti JPEG. Dengan PowerPoint untuk Macintosh, Anda dapat mengimpor PICT grafis yang menggunakan kompresi JPEG. Adobe PhotoShop dan beberapa grafis program dapat menyimpan file PICT dengan kompresi JPEG. Jika Anda memindahkan presentasi yang berisi salah satu grafis ini ke komputer lain atau yang berbeda platform, Anda mungkin mengalami masalah ini. File-file ini memerlukan QuickTime ke menampilkan atau dekompresi gambar. Jika QuickTime tidak hadir, PowerPoint menampilkan pesan "QuickTime PICT".



Konversi Data Transmission :

Didalam komunikasi data, satu kilobit adalah sama dengan seribu bit, atau 1000 bit. Ini adalah sudah secara umum untuk mengukur keseluruhan dari data yg di transfer dalam 1 detik antara dua telecommunication point. Beberapa sumber mengartikan bahwa satu kilobit adalah sama dengan 1024 bit. Nah, disini perbedaannya, meskipun bit adalah bagian dari binari number system, bit didalam komunikasi data mempunyai ciri khas tersendiri. Oleh karena itu bit dalam hal ini mempergunakan satuan DESIMAL dan bukan BINER.

Serialisasi dari struktur data yang kompleks ke dalam flat byte-string (seperti mekanisme menggunakan TLV atau XML) dapat dianggap sebagai fungsi kunci dari Layer Presentasi. 

Enkripsi biasanya dilakukan pada tingkat ini juga, meskipun dapat dilakukan pada Aplikasi, Sesi, Transport, atau Jaringan Lapisan; masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Contoh lain adalah merupakan struktur, yang biasanya standar pada tingkat ini, sering kali dengan

menggunakan XML. Serta potongan data sederhana, seperti string, hal-hal lebih rumit dibakukan dalam lapisan ini. Dua contoh umum adalah 'objek' dalam pemrograman berorientasi obyek, dan cara yang tepat yang streaming video ditransmisikan. 

Model Referensi DARPA atau DARPA Reference Mode                         adalah sebuah referensi protokol jaringan yang digunakan oleh protokol TCP/IP yang dibuat oleh DARPA. Model referensi ini mirip dengan OSI Reference Model, di mana setiap lapisan yang ada di bawah menyediakan layanan untuk lapisan yang berada di atasnya, dan lapisan yang ada di atas menggunakan layanan untuk lapisan yang ada di bawahnya.
Eksternal Data Representation (XDR)

Sebuah standar yang dikembangkan oleh Sun Microsystems, Incorporated untuk mewakili data dalam mesin-independen format. Karena XDR adalah metode vendor-independen untuk mewakili data,

arsitektur komputer baru dapat diintegrasikan ke dalam jaringan tanpa memerlukan memperbarui rutinitas penerjemahan.
menyandikan, mengkodekan, enkripsi. Encryption atau enkripsi merupakan proses untuk mengubah sebuah pesan (informasi) sehingga tidak dapat  dilihat tampa menggunakan kunci pembuka.

Enkripsi adalah cara yang paling efektif untuk memperoleh pengamanan data. Untuk membaca file yang di-enkrip, kita harus mempunyai akses terhadap kata sandi yang memungkinkan kita men-dekrip pesan tersebut. data yang tidak di-enkrip disebut plaintext, sedangkan yang di-enkrip disebut ciphertext. Sebuah pesan dalam bentuk plaintext diubah dengan encryption menjadi ciphertext. Proses sebaliknya, untuk mengembalikan ciphertext ke plaintext disebut decryption. Menurut ISO 7498-2 istilah yang lebih tepat untuk encryption adalah enchipher sedangkan istilah yang lebih
tepat untuk decryption adalah decipher encryption menggunakan algoritma tertentu untuk mengacak pesan. umnya algoritma enkripsi dapat dibagi menjadi dua kelompok: algoritma untuk private key system dan algoritma untuk public key system. Contoh untuk algoritma yang digunakan di private key system adalah DES dan IDEA, sedangkan contoh algoritma yang digunakan di public key system adalah RSA dan ECC.

Presentation Layer arsitektur tcp/ip

TCP/IP adalah serangkaian protokol dimana setiap protokol melakukan sebagian dari keseluruhan tugas komunikasi jaringan yang mengkomunikasikan data dari suatu tempat (host) ke tempat lain (host lain). Komunikasi data mirip dengan percakapan manusia. Manusia dan komputer melakukan komunikasi formal untuk pertukaran data yang kompleks, dan proses-proses informal untuk tujuan khusus. Keduanya, baik manusia maupun komputer mengikuti aturan-aturan tertentu yang memungkinkan para pelaku untuk bertukar informasi dengan cara yang teratur dan bebas dari kesalahan.

Protokol-protokol dipatuhi untuk membentuk dan mengakhiri komunikasi dengan sedemikian rupa sehingga tidak ada satu pesan pun yang tertinggal dalam keadaan yang tidak diinginkan. Untuk itu karaktersitik pertama yang perlu diperhatikan adalah bahwa komunikasi yang bebas kesalahan dapat dicapai hanya dengan mengikuti protokol komunikasi.

Namun pada kenyataannya dalam proses pengiriman data terdapat beberapa permasalahan yang harus diselesaikan. Permasalahan pertama adalah bahwa data harus dapat dikirimkan kepada komputer yang tepat,


sesuai dengan tujuannya. Selain itu permasalahan yang muncul adalah ketika komputer tujuan tidak berada pada wilayah lokal, yaitu pada wilayah yang sangat jauh dimana kemungkinan terjadinya kerusakan dan hilangnya data sangat besar. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pada komputer tujuan terdapat lebih dari satu aplikasi yang menunggu datangnya data.

Secara sederhana, permasalahan yang muncul tersebut dapat ditangani dengan cara memecahkan data tersebut menjadi beberapa paket data yang lebih kecil ukurannya. Untuk menangani semua masalah komunikasi data, keseluruhan aturan yang dibuat harus bekerja sama satu dengan yang lainnya. Sekumpulan aturan yang mengatur masalah komunikasi data ini disebut dengan protokol komunikasi data yang berupa perangkat lunak yang terdapat pada komputer dan perangkat komunikasi data lainnya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar