Jumat, 23 Mei 2014

REFERESENTASI TIPE DATA



Email : wawans57@yahoo.com 
                pin     : 29a1822c
 

A.Pengertian representasi data
Untuk memberi tanda bilangan biner telah diperjanjikan yakni 0 (nol) untuk bilangan positif atau plus dan 1 untuk bilangan negatif atau minus. Pada bilangan biner n-bit, jika susunannya dilengkapi dengan bit tanda maka diperlukan register dengan panjang n+1 bit. Dalam hal ini, n bit digunakan untuk menyimpan bilangan biner itu sendiri dan satu bit untuk tandanya. Pada representasi bilangan biner yang dilengkapi dengan tanda bilangan, bit tanda ditempatkan pada posisi paling kiri.
Nilai sebuah data dari sebuah tipe data integer adalah nilai bilangan bulat tersebut dalam matematika. Representasi data ini merupakan cara bagaimana nilainya disimpan di dalam memori komputer. Tipe data integral terbagi menjadi dua buah kategori, baik itu bertanda (signed) ataupun tidak bertanda (unsigned). Bilangan bulat bertanda mampu merepresentasikan nilai bilangan bulat negatif, sementara bilangan bulat tak bertanda hanya mampu merepresentasikan bilangan bulat positif.
Representasi integer positif di dalam komputer sebenarnya adalah untaian bit, dengan menggunakan sistem bilangan biner. Urutan dari bit-bit tersebut pun bervariasi, bisa berupa Little Endian ataupun Big Endian. Selain ukuran, lebar atau ketelitian (presisi) bilangan bulat juga bervariasi, tergantung jumlah bit yang direpresentasikanya. Bilangan bulat yang memiliki n bit dapat mengodekan 2n. Jika tipe bilangan bulat tersebut adalah bilangan bulat tak bertanda, maka jangkauannya adalah dari 0 hingga 2n-1.


B.Representasi data dalam computer
DATA STRUKTUR :
Struktur dapat diartikan sebagai suatu susunan, bentuk, pola atau bangunan.
Data dapat diartikan sebagai suatu fakta, segala sesuatu yang dapat dikodekan atau disimbolkan dengan kode-kode atau lambang-lambang yang telah disediakan di setiap komputer. Data yang disediakan oleh komputer sendiri terdiri dari berbagai jenis atau TYPE.
Pada garis besarnya, data dapat dikategorikan menjadi :
Type Data terdiri dari :
- Data Tunggal : Integer, Real, Boolean dan Karakter.
- Data Majemuk : String
Definisi :
Struktur Data adalah suatu koleksi atau kelompok data (susunan simbol-simbol) yang dapat dikarakterisasikan oleh organisasi serta dapat dioperasikan sesuai dengan definisi yang diberikan terhadapnya dikomputer. Struktur Data adalah cara penyimpanan dan pengorganisasian data-data pada memori komputer maupun file pada media penyimpanan secara efektif sehingga dapat digunakan secara efisien, termasuk operasi-operasi di dalamnya.Struktur Data, meliputi:
- Struktur data sederhana : Array dan Record
- Struktur data majemuk :
· Linier : Stack, Queue, Linier Link List
· Nonlinier : Tree, Binari Tree, Binary Search Tree, Graph.
C.Tipe  data
Disetiap bahasa pemrograman, disediakan berbagai jenis tipe data. Penentuan tipe data yang tepat (sesuai dengan karakterisitik data yang akan diolah) akan menjadikan sebuah program dapat dieksekusi secara efektif.
Tipe data mendefinisikan metode representasi informasi dan cara informasi diinterpresentasikan. Tipe data berkaitan erat dengan peyimpanan variable di memori karena tipe data suatu variable menentukan cara kompilator menginterpretasikan isian memori .

Tipe data merupakan class dari object data bersama-sama dengan himpunan operasi yang bisa dilaksanakan terhadapnya. Pada dasarnya tipe data dalam Java dikelompokkan menjadi dua, yaitu tipe data sederhana (tipe data dasar) dan tipe data kompsit.
Variable adalah unit dasar penyimpanan di program Java. Variable didefinisikan menggunakan kombinasi identifier, type dan juga sekaligus diinisialisasi. Semua variable mempunyai lingkup yang mendefinisikan ketampakan dan waktu hidupnya.
Di Java, semua variable harus didefinisikan sebelum digunakan. Untuk menciptakan variable dimemori , kita harus mendeklarasikan dengan menyatakan tipe variable yang dikehendaki serta identifier unik yang mengindikasi variable. Sintaks deklarasi variable sebagai berikut :
Type Identifier [=value[,identifier=[value]...];
Deklarasi variable memberitahu kompilator untuk menyediakan memori bagi variable dengan tipe Type serta nama variable Identifier . Tanda kurung siku menyatakana kita sekaligus dapat mendeklarasikan banyak variable dengan tipe yang sama dengan memisahkan variable-variable dengan tanda koma.
Type adalah boleh salah satu dari berikut ini :
1.      Tipe atomik seperti short, int, long, char, float, double dan sebagainya
2.      Nama kelas
3.      Nama interface
Identifier di deklarasi variable adalah nama variable . Kita dapat melakukan inisialisasi dengan menspesifikasikan variable diikuti sama dengan (=)  dan nila dari variable tersebut. Inisialisasi harus dengan nilai yang kompatibel dengan tipe. Untuk mendeklarasikan lebih dari satu variable, kita menggunakan daftar yang dipisahkan tanda koma
//Contoh mendeklarasikan tiga tipe data integer
int anInt1, anInt2, anInt3 ;
//Mendeklarasikan tiga data integer dengan 2 diantaranya diberikan (diisi ) nilai
int anInt1 = 4 ,  anInt2 , anInt3 = 10 ;

Tipe data dalam java terbagi menjadi 2 kategori yaitu
1.      Sederhana
2.      Komposit
Tipe Data Sederhana
Tipe data sederhana adalah tipe data yang tidak diturunkan dari tipe data lain. Sering kali tipe data sederhana disebut juga tipe data primitif. Adapun yang termasuk dalam tipe data sederhana adalah tipe data numerik dan boolean.
Tipe data Numerik
Tipe data Numerik digunakan untuk mendeklarasikan variable (identifier) untuk operasi berbasis numerik. Tipe data numerik ada 2 Jenis yaitu integer dan floating point
Tipe data integer ada 5 yaitu
1.      byte
2.      short
3.      int
4.      long
5.      char
Tipe data Floating-Point
Sedangkan tipe data floating point ada 2 yaitu
1.      float
2.      double
Tipe Data Komposit
Tipe data komposit disusun dari tipe data sederhana atau tipe data komposit lain yang sudah ada. Tipe data komposit terdiri dari
1.      String
String di Java direpresentasikan dengan class, bukan array yang berisi karakter (array of character). Kelas string dalam Java dikelompokkan menjadi dua, yait String(konstan atau statis, immutable) dan stringBuffer (dapat diubah atau dinamis, mutable) . Klik disini untuk pembahasan string lebih lanjut
2.      Class
3.      Array
Array adalah bentukan yang menyediakan penyimpanan untuk sejumlah item atau data individu dengan tipe data yang sama. Item-item array dapat berupa data sederhana maupun komposit. Dalam Java array bisa teridiri dari satu dimensi dan multi dimensi. Klik disini untuk pembahasan array lebih lanjut
4.      Interface
Interface adalah prototipe untuk class dan berguna ditinjau dari perspektif rancangan logik. Interface mirip dengan class abstrak, sehingga interface merupakan class abstrak yang sepenuhnya tidak diimplementasikan. Artinya tidak ada method di class tersebut yang telah diimplementasikan. Data anggota interface dapat dipastikan variable final static yang berarti konstanta murni.
Ingerface berisi kumpulan nama method tanpa implementasi aktual. Interface ini menandai kelas mempunyai sekumpulan perilaku sebagai tambahan perilaku yang diterima dari superkelasnya (superclass)

Jenis-Jenis Tipe Data :
1. Integer
Interger adalah data numerik yang tidak mengandung pecahan, dan disajikan dalam memori komputer sebagai angka bulat. Mengacu pada obyek data dengan
range -32768 s/d 32767.
Operasi yang dapat dilaksanakan :
- Penambahan ( + )
- Pengurangan ( )
- Perkalian ( * )
- Pembagian Integer ( / )
- Pemangkatan ( ^ )
Operasi tersebut diatas disebut dengan opersi Binar atau arimatic operator yaitu operasi yang bekerja terhadap 2 Integer ( operand ). Sedangkan operator yang mempunyai satu operand disebut Unar ( Negasi = Not ). Selain itu ada juga operasi tambahan yang disediakan oleh bahasa pemrograman tertentu, yaitu :
· MOD : sisa hasil pembagian bilangan
· DIV : hasil pembagi bilangan
· ABS : Mempositifkan bilangan negatif
· SQR : menghitung nilai akar dari bilangan
Penulisan di dalam bahasa pemrograman Pascal : var a : integer
2. Real
Data numerik yang mengandung pecahan digolongkan dalam jenis data Real (floating point). Operasi yang berlaku pada bilangan integer juga berlaku pada bilangan real. Selain itu ada operasi lainnya seperti :
INT : membulatkan bilangan real , misal INT(34.67) = 34
3. Boolean
Type ini dikenal pula sebagai “ Logical Data Types”, digunakan untuk melakukan pengecekan suatu kondisi dalam suatu program.
Elemen datanya hanya ada 2 yaitu True dan False, biasanya dinyatakan pula
sebagai 1 dan 0.
Operatornya terdiri dari : AND, OR, NOT
Dalam urutan operasi, NOT mendapat prioritas pertama, kemudian baru AND dan OR kecuali bila diberi tanda kurung.
Nilai true dan false dapat juga dihasilkan oleh operator Relational.
Operator tersebut : < , > , <= , >= , = , <> , =
Ex. 6 < 12 : True ,
A <>A : False.Contoh lainn

ya:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar